Vivanaliz’s Blog

Juli 27, 2009

Kesehatan: Saking Mudah Didapat Parasetamol Malah Bisa Berbahaya

Filed under: Uncategorized — vivanaliz @ 5:50 am

Parasetamol dikenal sebagai obat untuk menghilangkan demam, flu, batuk, melegakan sesak nafas atau sakit ringan lain. Obat ini mengandung Asetaminofen dengan manfaat sebagai analgesik dan antipretik. Obat ini juga tergolong obat bebas, artinya bisa dibeli dimana saja, mulai dari apotik, supermarket sampai warung.

Namun belakangan, seiring penelitian yang dilakukan oleh FDA (Food and Drugs Administration) mengenai obat penghilang rasa sakit (painkiller), FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan-nya Amerika, mengeluarkan peringatan bahwa obat bebas yang mengandung parasetamol berpotensi membahayakan fungsi liver.

Menurut rekomendasi FDA sebelumnya, dosis aman mengonsumsi parasetamol tidak lebih dari 4000 mg dalam jangka 24 jam bagi orang dewasa dan anak berusia di atas 12 tahun. Melebihi dosis tersebut, apalagi bila dikonsumsi secara terus menerus dengan dosis yang berlebihan, FDA mengatakan parasetamol bisa membahayakan kesehatan terutama liver.

Studi terbaru menunjukkan parasetamol dalam dosis tinggi bisa menyebabkan kerusakan liver, bahkan kematian. Akhirnya berkaca pada hasil penelitian lanjutan, FDA pun menurunkan dosis aman parasetamol, yakni 3.250 mg untuk orang dewasa dan untuk dosis tunggal tidak lebih dari 650 mg per hari (dalam 24 jam).

Persoalan ini sebetulnya terlihat sepele, namun yang menjadi perhatian serius adalah karena parasetamol termasuk jenis obat yang mudah didapat, maka konsumsi kejadian overdosis makin sering terjadi.

Contoh kasus, orang bisa saja meminum dua atau tiga obat sekaligus yang masing-masing mengandung parasetamol. Seperti mereka yang menderita arthritis atau nyeri sendi yang dengan mudah mengalami overdosis bila ia mengonsumsi obat arthrtitis tiap 4 atau 6 jam dan ditambah obat penghilang nyeri lainnya yang mengandung parasetamol. Obat nyeri sendi seperti tylenol mengandung 325 mg parasetamol dan 500 mg untuk jenis ekstra kuat.

Selain itu penelitian juga mengungkapkan bahwa kombinasi parasetamol dan alkohol bisa meracuni liver. Jadi orang yang mengonsumsi lebih dari tiga gelas minuman beralkohol per hari disarankan untuk mengurangi asupan parasetamol dari dosis biasa.

FDA juga memperingatkan agar konsumen yang kerap membeli dan mengkonsumsi obat bebas, untuk memperhatikan kandungan dan dosis parasetamol di dalam obat itu. Jangan sampai overdosis.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: